Cara Hemat Dalam Meracik Pakan Ayam Bangkok


Sabung Ayam Online – Pakan untuk pemeliharaan Ayam Bangkok tak jarang menguras biaya yang cukup banyak. Masalah biaya pakan tidak akan terlalu memberatkan jika hanya memelihara 2 atau 5 ekor. Tapi, bagaimana jika memiliki ratusan Ayam Bangkok? Oleh karena itu, Anda perlu mencari cara meracik pakan alternatif Ayam Bangkok untuk meminimalisir biaya.

Memilih pakan yang paling hemat meski begitu sesuai dengan kebutuhan ayam tentunya menjadi prioritas Anda. Nah, berikut ini cara membuat racikan pakan ternak Ayam Bangkok yang bisa Anda aplikasikan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Lesu Pada Ayam Bangkok

Ayam Bangkok usia 0—3 bulan

Dalam hal penetasan ayam umumnya peternak akan memberikan voer atau konsentrat. Nah, saat sudah menginjak umur satu bulan, Anda bisa mencampur voer dengan bahan lain seperti nasi putih. Cara mencampurnya adalah dengan mencampur voer dengan nasi putih, kemudian diberikan sedikit air.

Tunggu hingga nasi putih mengembang dan lembut, kemudian Anda bisa memberikan hasil campuran tersebut. Dalam mencampurkan bisa juga dengan ampas tahu ataupun dedak dengan metode pencampuran yang sama. Cara tersebut jelas jauh menghemat pengeluaran Anda dibandingkan dengan memberikan voer secara terus-menerus.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Lesu Pada Ayam Bangkok

Ayam Bangkok lancuran dan indukan

Berikutnya anda bisa meracikan pakan Ayam Bangkok untuk masih muda sekaligus indukan. Ayam masih muda adalah ayam yang berumur 4 bulan hingga dewasa. Pada umur ini, jelas asupan gizi dan nutrisi harus terpenuhi supaya ayam bisa maksimal tumbuh kembangnya dan terhindar dari berbagai penyakit. Untuk ayam pada umur ini, ada dua jenis racikan pakan yang bisa Anda gunakan.

Cara pertama, mirip dengan racikan pakan untuk bangkok anakan. Hanya saja bahan voer digantikan dengan jagung. Jadi, Anda bisa mencampur jagung dengan dedak, gabah, juga nasi. Cara yang kedua dengan membuat pakan olahan. Anda bisa memasak beras jagung atau beras putih dicampur dengan bahan lain seperti ubi, tepung ikan, atau juga sayuran. Cara ini selain menjaga gizi bahan makanan juga jauh lebih irit.
Baca Juga: Potensi Bisnis Kroto Sangat Istimewa

Baca Juga : Pengalaman Sabung Ayam Di Bali, Darah Untuk Mengusir Roh Jahat

Ayam Bangkok dewasa

Untuk umur Ayam Bangkok yang sudah masuk dewasa adalah usia 7 bulan ke atas. Pada umur ini, Anda disarankan untuk memberikan pakan berupa beras merah dan gabah. Atau, Anda juga bisa memberikan pakan seperti racikan yang digunakan pada lancuran tadi. Namun, usahakan untuk memberikan pakannya setengah porsi saja. Jadi saat pagi hari, berikan pakan campuran tersebut, lalu pada sore harinya, Anda bisa memberikan pakan seperti beras merah atau gabah.